Hello Sobat Rihants !
Survei
yang dilakukan oleh perusahaan e-commerce Rakuten baru-baru ini
menunjukkan bahwa sebanyak 84 persen pebelanja online Indonesia punya
pengalaman berbelanja online yang tak memuaskan. Hanya 25% pebelanja
online yang puas berbelanja online.
Berikut adalah sepuluh tips
untuk membantu berbelanja online dari Rakuten. Diharapkan tips ini bisa
menghadirkan belanja online lebih cerdas, menghemat waktu dan terhindar
dari kekecewaan:
1. Maksimalkan waktu untuk riset.
Sangat
bagus untuk terlebih dahulu melakukan riset tentang produk dan menunda
keputusan untuk membeli. Tapi bagaimana kalau kita bisa mempergunakan
waktu itu dengan sedikit lebih efisien?
Pin board digital
seperti Pinterest adalah cara yang bagus untuk mengatur produk-produk
yang Anda cari dan bagikan ke teman-teman atau kolega, untuk mengetahui
pendapat mereka sebelum memutuskan melakukan pembelian.
Riset
dari majalah Harvard Business Review mendapati bahwa 21 persen pengguna
Pinterest belanja di toko setelah mem-pin, mem-pin ulang, atau
memberikan Like barang-barang yang tampil di pin board.
2. Cari tahu siapa penjaga atau pemilik toko online.
Rakuten
Smart Shopping Survey mendapati bahwa lebih dari 40 persen konsumen
jarang atau tak pernah berinteraksi dengan merchant ketika berbelanja
online. Padahal kita akan sering menyambangi butik atau toko yang
memberikan pelayanan bersifat personal.
Jadi, ketika berbelanja
online, kenapa tidak mencari situs-situs yang menawarkan opsi berbeda
berupa komunikasi yang langsung dan mudah dengan merchant online,
sehingga Anda bisa mengajukan pertanyaan tentang produk-produk yang
dipajang?
3. Lihat baik-baik foto produk dan spesifikasi detilnya.
Situs
yang memungkinkan merchant menampilkan foto produk yang realistis dan
informasi yang detil, sebagai contoh ukuran dan kecocokan, akan membantu
Anda dengan mudah dan lekas memutuskan apakah, misalnya, jins yang ada
lihat itu adalah yang Anda inginkan.
4. Perhatikan testimoni produk dan rating, baik positif maupun negatif.
Testimoni
dari pembeli yang lain adalah salah satu cara terbaik untuk menaksir
apakah produk dan toko online itu bisa dipercaya, sebelum Anda membeli.
5. Pakai tool belanja sosial.
Ada
situs-situs yang menawarkan opsi “Belanja Bersama” untuk Anda dan
meminta teman-teman Anda memberikan pendapatnya ketika melihat produk
yang sama.
Tool ini memungkinkan Anda berkaca pada pengalaman
dengan bertanya pada teman baik Anda, misalnya apakah memang Anda harus
membeli gaun kuning yang sedang trendi itu atau tidak. Itu juga membuat
pengalaman berbelanja jadi sangat lebih menyenangkan dan menghibur!
6. Pergilah ke marketplace online untuk mendapatkan pilihan yang lebih luas.
Anda akan punya lebih banyak pilihan dan pengalaman one stop shopping akan menghemat waktu dan bebas gangguan ketimbang Anda harus mengunjungi banyak situs.
Ini
juga berarti bahwa Anda bisa melakukan lebih dari satu pembelian dan
check out sekali jalan, sehingga lebih menghemat waktu dan efisien.
7. Manfaatkan Program Spesial.
Sama
seperti Anda akan mendapatkan kopi gratis melalui program loyalty di
kafe favorit, kredit loyalti online atau poin adalah cara yang bagus
untuk mendapatkan 'cash' tambahan yang bisa dikeluarkan pada pembelian
berikutnya.
Situs one-stop cenderung menambahkan potongan harga
kolektif tambahan, penjualan spesial, dan insentif, yang mana Anda bisa
ajukan untuk menghemat uang ketika membeli di lebih dari satu toko.
8. Periksalah adanya variasi opsi pembayaran yang ada.
Kalau
Anda bisa memilih metode pembayaran yang Anda inginkan, artinya Anda
cenderung tidak akan meninggalkan barang belanjaan di keranjang belanja
tanpa melakukan pembayaran.
9. Cari tahu situs mana yang menawarkan opsi pengiriman.
Seberapa sering kita check out dan meninggalkan belanjaan di keranjang gara-gara opsi pengiriman yang tersedia tak cocok dengan kebutuhan atau terlalu mahal?
Sesuaikan
diri Anda dengan situs-situs yang menawarkan opsi pengiriman
terbaik—mulai dari harga yang murah atau bahkan gratis sampai ke cash-on-delivery
(COD) dan skala harga tergantung seberapa cepat Anda membutuhkan produk
itu—akan menghemat waktu Anda dan terhindar dari sakit kepala.
10. Aturan pengembalian barang.
Terima Kasih telah membaca ..
Kami berharap anda tetap di sini dengan ragam artikel menarik lainnya dan meninggalkan komentar ..